Biografi Soekarno (Lengkap Dan Singkat)

Diposting oleh di 12.25
Profil serta biografi Soekarno sebagai bapak proklamator dan presiden pertama Indonesia ini disajikan secara lengkap dan singkat untuk menjadi bacaan ringan serta penambah wawasan anda.

Soekarno adalah presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945-1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.

Ia adalah proklamator kemerdekaan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya.

"Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, aku berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat" - Soekarno
biografi soekarno

Bung Karno adalah seorang orator ulung yang bisa membangkitkan semangat nasionalisme Rakyat Indonesia. Beliau memiliki gaya kepemimpinan yang sangat populis, yaitu inspiratif, idealis, dan flamboyan. Bertempramen meledak-ledak, tidak jarang lembut, dan menyukai keindahan.

Soekarno lahir pada kamis, 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa timur. Beliau menjabat sebagai presiden sejak 18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967 atau kurang lebih 21 Tahun.

Meski bapak Proklamator ini telah meninggal dunia pada 21 Juni 1970 silam, namun berbagai peninggalannya tetap menjadi idaman rakyat. Sebut saja semangat nasionalisme yang kental, gaya kepemimpinan, serta sosok tegas macam Bung karno ini senentiasa dirindukan rakyat di era Demokrasi yang babak belur seperti saat ini.

Gaya kepemimpinan yang diterapkan Bung Karno berorientasi pada moral dan etika ideologi yang mendasari negara atau partai. Sehingga sangat konsisten dan cocok diterapkan pada era pasca kemerdekaan tersebut.

Sifat kepemimpinan yang juga menonjol dari beliau adalah percaya diri yang kuat, penuh daya tarik, penuh inisiatif, dan inovatif serta kaya akan ide baru yang briliant. Sehingga pada puncak kepemimpinannya, Ia pernah menjadi panutan dan sumber inspirasi pergerakan kemerdekaan dari bangsa bangsa Asia dan Afrika serta pergerakan melepas ketergantungan dari negara-negara barat.

Beliau adalah seorang pemimpin yang rendah hati disamping sebagai seorang yang pemberani. Sifat ini dapat dilihat dari karyanya, "Menggali Api Pancasila". Beliau berkata "Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, aku berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat". Maka pantas jika beliau dijadikan sebagai simbol perjuangan rakyat karena ketulusannya demi dan untuk rakyat.

Pantas saja ia menjadi ikon dan sumber inspirasi bagi banyak pihak, baik kawan maupun lawan. Sebut saja Howard Jones, seorang duta besar Amerika Untuk Indonesia waktu itu pernah berkata bahwa Soekarno adalah gabungan antara Clark Gable dan Roosevelt. Ini perpaduan sempurna antara seorang superstar tampan yang dipuja banyak perempuan dengan keteguhan seorang negarawan yang diwakili Roosevelt.

Gaya Kepemimpinan Soekarno

# Meneladani Figur-figur pemimpin besar yang dikaguminya

Soekarno mungkin menjadi orang besar serta biografinya banyak dicari dan dijadikan orang sebagai pelajaran. Namun siapa sangka dibalik kebesarannya itu Ia justru banyak belajar dari orang-orang besar juga. Dari Gajah Mada misalnya, Soekarno banyak belajar ilmu politik, ekonomi, nasionalisme, dan kenegaraan.

Ia juga belajar cara menyampaikan Ideologi dari metode dakwah sunan Kalijaga. Sehingga menjadikannya sebagai sosok yang ulet dan handal dalam membangun persuasif dan nasionalisme bangsa.

# Menerapkan Konsep Berdikari

Dengan semboyan "Merdeka atau Mati" Soekarno berjuang sampai titik darah penghabisan dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Begitu pula pasca kemerdekaan, Soekarno menyerahkan hidup dan matinya demi kesejahteraan nusantara.

Rakyat menjadi orientasi utama dalam setiap kebijakannya, terutama kaum-kaum marjinal. Bahkan Soekarno mengatakan "rakyat harus cukup makan, pakaian, hidup sejahtera, dan merasa dipangku ibu pertiwi". Ideologi Marhaenisme dan penggantinya, konsep berdikari, dibuat dan diorientasikan guna mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

# Tegas Dan Berani

Soekarno memimpin bangsa dengan segenap hati dan jiwanya. Ia mengakomodasi seluruh lapisan masyarakat, kaya-miskin, pejabat-rakyat. Semua dimatanya tidak ada perbedaan. Yang paling penting dari gaya kepemimpinanya adalah sikap keberaniannya.

Jika anda pernah membaca sebuah biografi soekarno anda pasti kenal bagaimana keberanian beliau dalam menyerukan ajang "Ganyang Malaysia" ketika Malaysia bertindak semena-mena terhadap rakyat Indonesia di perbatasan. Keberanian beliau tampak pula dalam upaya pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda.

# Mahir Menggunakan Bahasa 

Anda pernah membaca biografi Soekarno serta tulisan-tulisannya? Jika belum cobalah baca berbagai karya dan tulisannya. Anda akan menemukan betapa sosok Proklamator tersebut sangat mahir menggunakan bahasa.

Gaya berbahasa Bung Karno merupakan fenomena langka yang mengundang kagum banyak orang. Pantas saja ia kemudian mampu menjadi Orator Ulung dengan pidato-pidato nya yang sangat menggugah.

Demikainlah sajian singkat tentang berbagai ciri, kekhasan dari seorang Proklamator, serta profil dan biografi Soekarno. Semoga bermanfaat.

Related Posts Widget

Powered by Blogger Template Design bursanom.com