Wajah Baru Pasar Dunia

Diposting oleh di 02.52
wajah baru pasar dunia

Berbicara tentang pasar (market) akhir-akhir ini begitu banyak perannya yang teralihkan ke dunia internet. Tak salah lagi dalam kurun waktu satu atau dua dekade kedepan sebagian besar pasar akan berdomisili di dunia internet.

Dengan demikian internet memiliki peran yang besar dalam menjaga eksistensi pasar di era modern ini.

Sampai dengan saat ini peran pasar yang bisa dilihat secara riil dalam dunia finansial dan perbankan didunia internet adalah Pasar Modal (Bursa Saham) dengan berbagai macam sekuritasnya.

Disinilah kemudian adanya peran penting dari investor dalam mencerminkan wajah baru pasar dunia, tepatnya dalam dunia pasar modal.

Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena menjalankan dua fungsi, yaitu;

Sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk pengembangan usaha, ekspansi , penambahan modal kerja dan  lain sebagainya..

Menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lain-lain. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan dana yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik keuntungan dan risiko masing-masing instrument.

Manfaat pasar modal bagi investor

  • Nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi. Peningkatan tersebut tercermin pada meningkatnya harga saham yang mencapai capital gain.
  • Memperoleh dividen bagi mereka yang memiliki atau memegang saham dan bunga tetap atau bunga yang mengambang bagi pemegang obligasi
  • Mempunyai hak suara dalam rapat RUPS bagi pemegang saham, mempunyai hak suara dalam RUPS bila diadakan bagi pemegang obligasi.
  • Dapat dengan mudah mengganti instrumen investasi, sehingga dapat meningkatkan keuntungan atau mengurangi resiko.
  • Dapat sekaligus melakukan investasi dalam beberapa instrumen yang mengurangi resiko.
Demikianlah postingan yang bisa farizgobel sajikan pada kesempatan kali ini.

-- Tidak ada komentar --

Posting Komentar

Related Posts Widget

Search Form

Powered by Blogger Template Design bursanom.com